Bikin Macet, Jadi Lapak Jualan hingga Sampah Berserakan, Car Free Day Sudirman Dihentikan

0 270

Heibogor.com – Lantaran malah menimbulkan kemacetan dan ketidaknyamanan, pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor, akan ditiadakan.

Penegasan itu disampaikan Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya usai acara syukuran HUT Bhayangkara di Makodim 0606/Kota Bogor, Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (11/07/18).

“Selain dampak dari CFD yang justru malah menyumbang kemacetan di jalur SSA, penutupan juga melihat dari situasi masyarakat. Pertama melihat dari keadaan jalan, bahwa jalan itu untuk arus lalu lintas dan bukan untuk berdagang,” kata Ulung.

Sebab, dengan melihat pelaksanaan CFD selama ini bahwa warga datang ke kawasan itu bukan lagi untuk berolahraga. Tetapi kebanyakan dari mereka malah hanya untuk berekreasi dan berbelanja. Dampak lainnya, banyak pedagang yang malah berjualan dan meninggalkan banyak sampah sesudah CFD berakhir.

“Jika dikarenakan alasannya hanya untuk berolahraga, sudah ada sarana olahraga yang bertempat di Sempur. Maka kita akan alihkan ke Sempur. Jadi arus lalu lintas di jalan yang dipakai CFD bisa tetap berjalan. Sekarang jika Jalan Sudirman ditutup untuk CFD, yang terjadi justru disitu banyak pedagangnya dan setelah selesai sampah-sampah berserakan,” jelasnya.

Akan lain ceritanya, kata Kapolresta, bila CFD itu dimulai sesudah adzan shubuh hingga pukul 06.00 WIB. Tapi yang berjalan selama ini mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

(Putri Aysha)

Comments
Loading...