Mobil Curhat Dinkes Bisa Periksa Penyakit Tak Menular hingga Cek Gizi, Gratis Lho

0 346

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Berbagai macam pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan di Mobil Curhat. Mulai dari pemeriksaan penyakit tidak menular hingga deteksi gizi pengunjung.

“Kami memberikan layanan gratis. Di sini akan dilakukan pemeriksaan darah untuk melihat penyakit hipertensi, diabetes. Ada deteksi dan konseling gizi juga. Pengunjung dengan gizi buruk nanti akan diberikan konseling makan yang bagus bagaimana sesuai dengan gizinya,” papar Koordinator Mobil Curhat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Erni Yuniarti saat ditemui di Giant Pajajaran, Jumat (06/07/18).

Pengunjung yang datang ke mobil curhat akan dilayani oleh tim pemeriksaan kesehatan dari IPB dan Dinkes Kota Bogor. Erni mengatakan, dalam pemeriksaan kesehatan ini masyarakat tidak akan diberikan obat. Namun, jika ada warga yang terdeteksi penyakit maka akan dirujuk untuk ke puskesmas atau rumah sakit.

“Mobil Curhat ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa hidup sehat sebenarnya mudah, yakni cukup dengan memperbaiki cara makan dengan gizi yang seimbang. Melalui Mobil Curhat, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat tidak tergantung pada obat, tapi pada perilaku sehari-hari,” jelas Erni.

Selain itu, masih kata Erni, mobil curhat juga bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan menunjukkan kepada mereka bahwa orang sehat juga harus memeriksakan kesehatan.

“Selama ini yang namanya pelayanan kesehatan dianggap mengurus orang yang sakit, tapi sekarang mindset-nya diubah bahwa kami tidak cuma menyasar orang sakit saja. Tapi orang sehat juga harus tetap mendapatkan pelayanan kesehatan,” tutup Erni.

(Putri Aysha)

Comments
Loading...