Dinkes Uji Petik Takjil Makanan di Bangbarung, Begini Hasilnya

0 138

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Untuk memastikan aneka dagangan yang dijual puluhan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Bangbarung, Bantar Jati, Bogor Utara, Kota Bogor higienis, sehat, dan aman, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar uji petik sampel makanan takjil Ramadhan, Rabu (30/05/18).

Seksi Kesling dan Kesja pada Dinkes Kota Bogor, Farida, kegiatan tersebut rutin setiap tahun dilakukan sebagai bentuk pembinaan dan pengambilan sampel untuk takjil di bulan. Karena, banyak bermunculan pedagang baru. Sehingga diharapkan semua olahan makanan dan minuman yang dijual sehat dan higienis serta tidak bermasalah.

“Diinformasikan pula kepada para pedagang, karena tidak sedikit pedagang yang tidak menutup barang dagangannya yang bisa mengakibatkan adanya pencemaran dari udara serta pencemaran dari tangan pembeli atau tangan penjualnya. Sehingga disarankan kepada mereka untuk menutupnya,” kata Farida.

Melalui Puskesmas, terangnya, Dinkes juga telah melatih sejumlah pedagang makanan soal bagaimana cara memproduksi makanan yang sehat. Seperti para pedagang yang berjualan di Jalan Bangbarung ini, mereka sudah didata dan diberikan pelatihan mengenai cara mengolah dan memproduksi makanan yang sehat dan bersih. Begitu dari Dinas Koperasi dan UKM yang telah memberikan hal serupa.

“Para pedagang takjil ini pun.sudah masuk ke dalam zona PKL, sehingga keberadaannya legal,” imbuhnya.

Comments
Loading...