Ramadan Sebagai Ekspresi Ketakwaan kepada Allah

0 396

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor H. Ade Sarmili berharap bulan Ramadan 1439 Hijriah betul-betul dimanfaatkan umat sebagai madrasah, tempat pendidikan, tempat pelatihan, dan tempat di mana mengekspresikan ketakwaannya kepada Allah SWT.

Harapan tersebut diungkapkan Ade yang ditemui di Masjid Raya Bogor, Selasa (08/05/18).

Ade melanjutkan, apa pun nama kelembagaannya, baik masjid, pondok pesantren, madrasah, atau majelis taklim, semuanya konsen pada pembinaan keagamaan di Kota Bogor. Dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, dia berharap pasca Ramadan umat bisa terus mengamalkan dan menjaga kontinuitas keimanan di tataran yang optimal.

“Jangan sampai Ramadan selesai maka selesai pula keimanan dan ketakwaannya. Intinya, Ramadan tahun ini dapat memberikan efek produktif kepada masyarakat Kota Bogor,” imbuhnya.

Sementara terkait dengan pelaksanaan kampanye Pilkada serentak 2018 pada bulan Ramadan ini, Ade mengimbau siapa pun pasangan calonnya mereka tidak menjual lembaga agama kepada masyarakat dan tidak mengotori tempat-tempat ibadah untuk politik praktis dan pragmatis.

Lain halnya jika memberikan keilmuan dan kecerdasan politik kepada umat. Dia mempersilakan, tetapi tidak menjadikan masjid sebagai tempat kampanye.

Ade menjelaskan, antara kampanye dan memberikan kecerdasan politik itu berbeda. Politik dalam fikih siyasah memang ada, tetapi kalau politik praktis seperti yang sekarang yang sifatnya praktis dan pragmatis diharapkan menghindari tempat-tempat ibadah.

“Masjid itu milik semua kelompok, semua golongan, dan semua warna. Kami tidak ingin masjid dikotori oleh semua warna-warna itu,” katanya.

Jika tujuan ke masjid untuk ibadah salat Jumat, salat tarawih, Ade mempersilakan tetapi tidak dilakukan dalam rangka kampanye.

“Paslon siapa pun tidak dilarang berangkat ke tempat ibadah, tetapi jangan sampai kemudian memperburuk tempat ibadah dengan kampanye praktis dan pragmatis,” tegasnya.

Sumber Rilis Pemkot

Tinggalkan Balasan