Bukos Ajak Pemuda Tak Sekadar Corat-Coret, Tapi Juga Peduli Sesama dan Lingkungan

0 175

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Komunitas di Kota Hujan kian beragam. Adalah Barudak Selakopi Bogor (Bukos) yang berlokasi di Kompleks Selakopi, Pasir Mulya, Bogor Barat, Kota Bogor. Bukos sendiri terbentuk berawal dari yang melihat banyak pemuda maupun saling bertetangga tidak saling kenal. Dari situlah berkeinginan untuk saling sapa, kumpul, dan berbagi informasi. Karena aktif itu bukan hanya di luar wilayah, tapi dari dalam wilayah tersendiri.

Salah satu anggota Bukos, Fadlan menjelaskan, sejak berdiri sekitar tahun 2000-an dan diresmikan pada tanggal 13 Juni 2006 tercetus begitu saja oleh salah satu celetukan rekan-rekan.

“Waktu itu teman saya namanya Bambang nyeletuk, bikin namalah buat anak-anak. Bukos kali ya namanya (barudak selakopi) hehe. Dari situ hanya berupa nama saja,” kenang Fadlan saat berbincang kepada heibogor.com, belum lama ini.

Dari sejak berdiri, anggota Bukos sekarang sudah mencapai 60 orang dari bebagai latar belakang dari bekerja sebagai karyawan swasta sampai ada yang masih duduk di bangku sekolah. Para anggota Bukos pun mengakui, dari karya yang sudah dibuat memang masih memerlukan sesuatu yang lebih besar, dan dari situlah mereka sering melakukan beragam kegiatan yang terbagi menjadi 4 bagian, yakni bidang sosial, seni, olahraga, dan adventure.

Fadlan menjelaskan, di bidang sosial melakukan penggalangan dana jika ada bencana di berbagai daerah.

“Caranya ngecrek (ngamen) sampe jual kaos, kemudian dananya terkumpul kami salurkan bantuan ke korban bencana tersebut melalui organisasi-organisasi kemanusiaan. Tak hanya bantuan sosial di dalam daerah, kami juga ikut membantu ke luar negeri seperti Peduli Palestina dan Rohingya,” jelas Fadlan.

Untuk di bidang seni, kata dia, dari mulai jamming, jual kaos, desain, produk seni, sampai membuat kegiatan yang berbau seni, contohnya acara “Bogor ber-Mural.” Untuk bidang olahraga fokus ke futsal.

Komunitas Barudak Selakopi Bogor (Bukos) menggelar acara “Bogor ber-Mural.”

“Dari mulai main futsal bareng sampe bikin turnamen futsal untuk umum,” imbuhnya.

Dan terakhir, bidang adventure dari mulai membuat kelas materi tentang ilmu soal pecinta alam, sampai kegiatan adventure lainnya, seperti pendakian gunung bersama hingga explore gua.

“Yang paling berkesan saat salah satu anggota kami melakukan pendakian ke Gunung Elbrus, Moskow Rusia (puncak tertinggi di Eropa) 5.642 mdpl,” kata dia.

Tak ingin hanya sekadar menjadi komunitas tanpa arah tujuan, Bukos pun memiliki misi yakni mempererat hubungan persaudaraan antar pemuda/i RW 06 Pasir Mulya, mengembangkan potensi generasi muda yang bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak budi pekerti luhur, aktif dalam berbagai kegiatan di lingkungan tempat tinggal maupun di luar, mengembangkan minat dan kreativitas pemuda/i Bukos melalui berbagai pelatihan.

Dan untuk visi yakni mempererat hubungan persaudaraan dan kebersamaan antar pemuda/i serta melakukan pengembangan kreativitas generasi muda untuk meningkatkan partisipasi dan produktivitas dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat di lingkungan maupun di wilayah lain.

“Kami juga tidak lupa memberikan pesan positif dari sebuah gambar yang dibuat,” imbuhnya.

Fadlan mengatakan, dari gerakan ini adalah untuk menularkan semangat berkarya yang dapat memperindah kampung melalui gambar yang memiliki pesan kepada masyarakat. Bukos Bogor ingin gerakan mural ini untuk menularkan semangat berkarya yang dapat memperindah wilayah melalui gambar yang memiliki pesan kepada masyarakat.

Comments
Loading...