Tips Agar Anak Nyaman Saat Perjalanan Liburan

0 210

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Tak jarang anak-anak sering rewel, menangis atau bahkan kelelahan saat diajak berlibur. Jika terjadi hal seperti ini, tentunya orang tua akan merasa khawatir dan kerepotan. Saat akan mengajak anak berlibur, terutama ke tempat yang cukup jauh, pastikan si anak aman dan nyaman di perjalanan.

Perjalanan panjang ketika liburan, maupun tempat baru saat liburan, menjadi salah satu pemicu utama yang menyebabkan si anak menjadi rewel dan tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Bagi kamu yang akan merencanakan liburan panjang dan melakukan perjalanan yang cukup jauh bersama anak. Dilansir dari foxnews.com, inilah beberapa tips agar anak merasa aman dan nyaman, saat akan melakukan liburan dengan perjalanan jauh.

1. Persiapan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, dengan melakukan persiapan untuk segala kebutuhan anak dan tentunya diri kamu sendiri sebaik mungkin. Siapkan kondisi fisik yang sehat untuk melakukan perjalanan jauh. Ajak buah hati untuk membeli kebutuhan yang diperlukan saat liburan atau jauh dari rumah. Biarkan anak kamu memilih sendiri, apa yang ia inginkan untuk dibawa. Dan jangan lupa untuk ajak anak kamu melakukan packing bersama-sama.

2. Waktu yang Tepat

Sebelum menentukan waktu berlibur kamu dan keluarga, pastikan untuk merencakan berpergian di waktu yang tepat. Ketahui terlebih dahulu, waktu yang pas untuk melakukan perjalanan.  Hindari mengajak anak berpergian di waktu siang hari atau waktu istirahatnya. Jika memaksa anak pergi di waktu istirahatnya, cobalah untuk menidurkan ia lebih awal. Hal ini bisa membuatnya jauh lebih tenang saat di perjalanan. Namun jika kamu yakin si anak bisa tidur di mobil atau pesawat, tidak ada salahnya berpergian di waktu siang.

3. Makan Lebih Awal

Perjalanan liburan yang banyak menyita waktu, membuat kamu dan anak menjadi mudah lapar. Maka dari itu, makan lah lebih awal, misalnya makan malam pada jam 5 sore sebelum anak-anak lelah dan ketiduran.

4. Mainan

Perjalanan yang jauh, tentu akan membuat anak lebih cepat bosan dan jenuh.  Agar anak memiliki kesibukan selama di perjalanan, cobalah untuk membawa mainan favoritnya untuk menjadi teman bermain selama di perjalanan. Selain mainan, kamu juga bisa menyiapkan buku gambar dan pensil warna, agar anak bisa berkreasi selama perjalanan.

5. Camilan

Camilan menjadi salah satu alternatif, agar anak tidak mudah bosan. Usahakan untuk tetap membawa camilan dan air minum sebagai bekal di perjalanan. Makan makanan ringan di perjalanan, disinyalir akan mengurangi kebosanan, bahkan risiko mabuk untuk sebagian besar anak.

6. Musik dan Film

Musik atau menonton film dapat membuat anak merasa nyaman, serta membuat kondisi hatinya terjaga. Pilihkan musik atau beberapa film kegemarannya, agar ia merasa senang dan terhibur selama perjalanan.

7. Jangan Berlebihan

Saat sedang berlibur, tak jarang kamu menjadi terlalu bersemangat untuk mencoba berbagai macam hal baru. Namun, terlalu banyak kegiatan dapat membuat si anak cepat lelah dan membuatnya rewel ataupun sakit. Jadi, fokuslah pada kegiatan utama bersama keluarga, agar bisa kembali liburan dengan tubuh yang segar.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan, untuk mendapatkan perjalanan aman dan nyaman saat berpergian dengan anak. Cukup mudah bukan? Jika kamu belum melakukan persiapan, usahakan untuk mempersiapkan segalanya sejak seminggu sebelum kamu dan keluarga melakukan liburan panjang. Semoga tips ini bermanfaat dan pastikan untuk mendapatkan perjalanan menyenangkan bersama anak.

Comments
Loading...