BPN Serahkan 210 Sertifikat Tanah Proda ke Pemkab

0 124

Heibogor.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten bogor menyerahkan secara simbolis sebanyak kurang lebih 210 sertifikat tanah kepada Pemerintah Kabupaten Bogor yang diterbitkan melalui Program Sertifikasi Daerah (Proda). Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor Agustyarsah secara langsung menyerahkannya kepada Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, bertempat di Pendopo Bupati Bogor, Kamis (15/03/18).

Menurut Bupati Bogor, dengan adanya penyerahan sertifikat ini, maka Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki kekuatan yuridis hak pakai atas tanah di Jalan Tegar Beriman tersebut dan secara resmi dapat mencatatkan sebagai aset dalam daftar inventaris barang daerah untuk kemudian dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya.

“Mengingat penyerahan sertifikat ini dilaksanakan secara terbuka, pemasyarakatan kebijakan bidang pertanahan dan pengendalian pemanfaatan ruang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Nurhayanti juga mengatakan, mungkin menjadi pertanyaan sertifikasi tanah di samping Sekretariat PDIP ini cukup lama dan baru selesai. Tanah tersebut tidak dapat diterbitkan nomor induk bidang dan peta bidang tanahnya dikarenakan beberapa permasalahan, di antaranya terjadi penguasaan fisik oleh pihak lain, terbitnya beberapa AJB atas bidang tanah tersebut, serta terbitnya sertifikat hak milik atas sebagian tanah tersebut seluas 696 meter persegi melalui proses ajudikasi.

“Pada tahun 2016 terjadi perataan tanah dan pemagaran bidang tanah oleh pihak yang mengaku memiliki tanah tersebut, sehingga untuk menertibkannya Pemerintah Kabupaten Bogor memasang plang kepemilikan tanah serta memasang patok tanda batas tanah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor Agustyarsah mengungkapkan, bahwa Proda pada tahun 2016 sebanyak 1.900 bidang dan pada tahun 2017 sebanyak 2.000 bidang, jadi total 3.900 bidang.

“Untuk tahun 2016 yang diserahkan 284 bidang, 884 bidang dalam proses penyelesaian dalam dua minggu ini. Untuk tahun 2017 yang 2.000 bidang, karena masuknya di akhir. Harapan kami bahwa Sertifikat Proda yang diserahkan bisa bermanfaat dan di tahun berikutnya kegiatan Proda seiring dengan PTSL 80 ribu untuk tahun 2018,” ungkapnya.

Comments
Loading...