RSUD Cileungsi Raih ISO 9001 : 2015 dari Bureau Veritas

0 250

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cileungsi menerima sertifikat manajemen mutu ISO 9001 : 2015 dari Bureau Veritas Indonesia, yakni badan sertifikasi registrasi internasional yang berpusat di London, Inggris. Penyerahan sertifikat ISO tersebut diserahkan oleh Presiden Direktur Bureau Veritas, Lontung Simamora kepada Bupati Bogor Hj. Nurhayanti dan diserahkan kembali kepada Direktur RSUD Cileungsi Drg. Mike Kaltarina, bertempat di Lt. 2 RSUD Cileungsi, pada Selasa (13/03/18).

Presiden Direktur Bureau Veritas, Lontung Simamora mengatakan, bahwa ada tiga hal pokok bila suatu institusi/lembaga hendak memperoleh standar pelayanan prima sehingga mendapatkan ISO 9001 : 2015 yaitu komitmen, sinergi, dan continuous improvement (perbaikan yang berkelanjutan).

“Salah satu tujuan penerapan Sistem Manajemen Mutu adalah standar pelayanan prima dapat dibuat benchmark-nya, sehingga dapat menjadi patokan pelayanan prima yang akan dicapai. Semua unsur-unsur institusi dapat memahami target secara komprehensif,” katanya.

Lontung berpesan agar penerapan standar mutu ini disertai dengan komitmen dan disiplin yang tinggi, sehingga standar pelayanan tidak hanya dilaksanakan bila hanya ada audit saja.

Sementara itu, Direktur RSUD Cileungsi Drg. Mike Kaltarina mengungkapkan, pencapaian ini berkat dukungan Bupati Bogor dan jajarannya Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor serta tentunya dukungan pula dari Kepala Dinas Kesehatan dan 3 kakak kami yaitu Direktur RSUD Cibinong, RSUD Ciawi, dan RSUD Leuwiliang. Saat ini, RSUD Cileungsi memiliki 437 pegawai, 34 dokter spesialis, 18 layanan spesialis dengan jumlah tempat tidur 123, dan terakreditasi perdana dari KARS tahun 2016 yang Insya Allah pada tahun ini kami akan berupaya semoga bisa mencapai paripurna.

Penyerahan sertifikat ISO oleh Presiden Direktur Bureau Veritas, Lontung Simamora kepada Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, bertempat di Lt. 2 RSUD Cileungsi, pada Selasa (13/03/18).

“RSUD Cileungsi dengan klasifikasi RS tipe C di wilayah timur Kabupaten Bogor berupaya meningkatkan mutu pelayanan guna mengakomodasi tuntutan masyarakat tentang layanan kesehatan khususnya masyarakat wilayah timur, umumnya masyarakat Kabupaten Bogor, Bekasi, Cianjur, Tangerang, dapat memanfaatkan fasilitas RS sebagai satah satu institusi kesehatan,” ujarnya.

Apresiasi pemberian ISO kepada RSUD Cileungsi langsung diberikan oleh Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, yang melihat bagaimana kinerja pihak rumah sakit daerah di wilayah timur Bumi Tegar Beriman itu secara bertahap berupaya menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan standar ISO 9001 : 2015.

“Di Kabupaten Bogor, RSUD Cileungsi adalah rumah sakit pertama yang lulus ISO 9001 : 2015,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, dengan mengembangkan sistem manajemen mutu ini, RSUD Cileungsi terdorong untuk menciptakan pelayanan prima dengan memperhatikan prinsip efisiensi, kepastian mutu pelayanan, dan transparansi yang ke semuanya merupakan pilar dari pelaksanaan prinsip Clean Government and Good Governance yang memiliki manfaat lain dengan meningkatnya mutu produk jasa kesehatan, berkurangnya pekerjaan ulang atas produk jasa yang tidak sesuai, berkembangnya budaya pemecahan masalah dan perbaikan berkelanjutan, meningkatnya kompetensi dan motivasi pegawai serta adanya tanggung jawab, wewenang, dan standar kerja yang jelas.

“Saya berharap setelah mendapatkan sertifikat ISO 9001 : 2015 ini, RSUD Cileungsi tetap memelihara dan meningkatkan sistem manajemen mutu antara lain dengan mengomunikasikan persyaratan pelanggan, peraturan dan perundang-undangan, melaksanakan audit internal dan tinjauan manajemen, serta memastikan ketersedian sumber daya dan pemenuhan persyaratan pelanggan,” tandasnya.

Comments
Loading...