Posyandu Berperan Bangun Pendidikan, Ekonomi, dan Perlindungan Anak

0 134

Heibogor.com – Posyandu memiliki peran yang penting dalam keseluruhan pembangunan. Bukan hanya sebatas ikut serta dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, tetapi lebih luas lagi Posyandu juga berperan dalam pembangunan pendidikan, ekonomi, hukum, dan perlindungan anak.

Kendati demikian, seperti diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat saat membuka kegiatan pembinaan Ketua Posyandu tahun 2018 di Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMPPA), Jalan Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (14/03/18), Posyandu memiliki permasalahan dalam menjalankan fungsinya seperti peralatan yang tidak memadai, tidak memiliki tempat pelayanan yang layak, pembinaan terhadap Posyandu yang masih belum merata, belum memiliki jumlah kader yang cukup, serta masih rendahnya cakupan Posyandu.

Oleh karena itu, katanya, diselenggarakannya kegiatan pembinaan Posyandu seperti sekarang ini menjadi sangat diperlukan. Sehingga dapat dilakukan peningkatan kapasitas bagi para kader Posyandu serta sebagai media untuk berbagi informasi dan diskusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

“Sebagai Ketua Pokjanal Posyandu, saya sangat mengharapkan semua Posyandu di Kota Bogor menjadi pusat kegiatan di masyarakat dan menjadi Posyandu yang ramah keluarga. Sehingga semua anggota keluarga yang membutuhkan pelayanan di Posyandu dapat terpenuhi kebutuhannya,” jelas Sekda.

Maka, menurutnya, keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan kerja sama dan dukungan moril dan materil dari berbagai pihak, di samping ketekunan dan pengabdian para pengelolanya.

 

(Putri Aysha)

Comments
Loading...