Dari Iseng, Henna Art Karya Samiyah Ini Banyak Diburu Calon Pengantin

0 627

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Dari sekadar hobi dan iseng-iseng kini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Adalah Samiyah (22), seorang mahasiswi Universitas Pakuan ini sukses menjadi Henna Art Body Painting.

Samiyah bercerita, hobi yang ditekunnya itu awal pembuatannya menggunakan lidi dengan membuat motif lukisan yang menghiasi tangan dan kaki, sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas.

Perempuan kelahiran 1996 ini menuturkan, dari rasa ketertarikan terhadap lukisan tangan itu, ia mencoba mempelajari terhadap lukisan tangan. Ia mempelajari henna secara otodidak dan mulainya dari pakai lidi kemudian diaplikasikan menggunakan kertas plastik sendiri hingga belajar dengan melihat tutorial di YouTube. Ia juga melihat melalui tutorial media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

“Melukis tangan dengan menggunakan henna itu sudah sejak dari SMA, sekitar 7 tahun yang lalu. Dari awalnya cuma iseng–iseng saja, terus keterusan dan akhirnya dikembangin lagi,” ujar perempuan yang kerap disapa Sam itu.

Dia menambahkan, jika membuat lukisan tangan ini, biasanya dilakukan di acara pernikahan untuk calon pengantin yang hendak melakukan acara nikah.

“Lebih banyak digunakan di pernikahan, tapi jika ada yang ingin menggunakan jasanya bisa datang saja atau menghubungi langsung,” tambahnya.

Keunikan Henna Art dari dirinya adalah memiliki berbagai macam warna, tidak hanya cokelat, hitam, dan merah. Dirinya memilki warna berbeda seperti putih, gold, dan juga silver. Di situlah perbedaan yang membuat lukisan tangannya terlihat unik dan berkelas.

Henna Art Karya Samiyah.

Untuk bahan sendiri, ia menggunakan bahan manual seperti henna natural dan juga henna instan. Ia memadukan bahan baku dengan minyak hangat. Untuk henna putih, biasanya menggunakan cat body painting bersama gliter powder.

“Henna yang cokelat biasanya dari bahan henna natural, tapi kalau untuk warna lain beli instan,” ujar Samiyah.

Menurutnya, perempuan memang cenderung lebih suka gambar bunga. Sementara itu, laki-laki menyukai yang berhubungan dengan hewan maupun simbol. Saat ini dirinya lebih banyak menggunakan motif batik Indonesia untuk melukis tangannya.

Tidak disangka, sekadar iseng yang ia geluti ini berkembang. Dari mulai teman, tetangga, dan orang lain meminta jasanya memakaikan henna. Tidak hanya pengantin, tapi juga untuk sekadar pelengkap penampilan. Bahkan, lukisan henna ini disukai anak-anak dan orang tua. Namun, tetap yang paling banyak menguntungkan adalah menghenna pengantin. Tarifnya mulai Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu dan sehari bisa menghenna 4 orang.

Sam menuturkan, kalau untuk pembuatan tergantung motifnya. Jika sederhana, paling hanya butuh waktu setengah sampai satu jam. Dan ada bagian-bagian tertentu untuk pembuatan henna, ada tangan, pengelangan, hingga ke sikut.

“Jika seluruh badan, maka pembuatan bisa sampai setengah hari. Bagi yang ingin melihat hasilnya bisa cek IG @samiyah.bahreisy,” pungkasnya.

Comments
Loading...