Puskesmas Rawat Inap dan Induk Sebagai Pencapaian Indonesia Sehat

0 587

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Dibangunnya fasilitas Puskesmas rawat inap dan Pukesmas induk di Kota Bogor, dilatarbelakangi pencapaian program kesehatan untuk mencapai Indonesia sehat merumuskan tiga pilar.

Pilar yang pertama yaitu penguatan pelayanan kesehatan. Sedangkan pilar yang kedua yaitu penerapan paradigma sehat yang lebih diutamakan melalui program promotif dan preventif. Sementara pilar yang ketiga adalah jaminan kesehatan nasional.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Rubaeah saat peresmian Puskesmas Merdeka di Jalan Merdeka No. 77, Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (28/12/17).

Penguatan pelayanan kesehatan, dikatakan Rubaeah, memberikan arahan bahwa pelayanan kesehatan harus tersedia dan menjangkau kebutuhan masyarakat di wilayahnya sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 bahwa pembentukan Puskesmas kabupaten/kota di Indonesia harus diupayakan untuk berpihak kepada masyarakat.

“Khusus untuk wilayah Kota Bogor sesuai RPJMD dan arahan Wali Kota Bogor dijelaskan bahwa dalam satu wilayah kecamatan minimal tersedia satu Puskesmas dengan perawatan atau Puskesmas rawat inap,” jelasnya.

Ada pun satu Puskesmas, paparnya, bisa melakukan kegiatan operasional. Hal ini lantaran Pemerintah Kota Bogor sudah mulai berusaha untuk memenuhi sarana prasarana, alat-alat kesehatan, termasuk anggarannya.

Acara peresmian Puskesmas rawat inap dan Puskesmas induk itu dihadiri langsung Wali Kota Bogor Bima Arya serta jajaran Dinkes, Kepala Puskesmas, kader-kader kesehatan, dan para Lurah se-wilayah Puskesmas Merdeka.

Comments
Loading...