Heibogor.com
100% Berita Bogor

Wahana Ecodome Dilengkapi Pintu Sehat dan Inovasi Tanaman

0 120

Heibogor.com – Wahana baru yang dimiliki Kebun Raya Bogor (KRB), Ecodome merupakan hasil pengembangan Nico Wissing dan Lodewijk Hoekstra dari NL Greenlabel, di Kementerian Urusan Ekonomi Belanda. Gagasan untuk membuat Ecodome sendiri telah diciptakan sejak sepuluh tahun lalu.

Ecodome dikembangkan dengan teknik dan konsep alami yang mempromosikan kemajuan serta karakter hijau Pemerintah Belanda hingga akhirnya tumbuh menjadi sebuah oasis yang inovatif.

“Inovasi-inovasi yang terdapat di dalam Ecodome ini di antaranya pintu iklim yang sehat. Di mana pintu tersebut dapat membersihkan 10 ribu meter/kubik udara per jam melalui sebuah saringan tertentu,” papar Kepala KRB Didik Widyatmoko.

Tidak hanya itu, lanjutnya, desain bagian luar Ecodome dilapisi dengan lumut. Lumut itu nantinya dapat menjaga air hujan dan menyerap bakteri dari udara.

“Bangunan ini juga kaya akan tanaman dan bunga tropis, serta bidang di tengah-tengah dome terdapat sebuah konstruksi besar dengan ketinggian mencapai 10 meter berwarna oranye dengan sejumlah bangku untuk duduk. Pengunjung pun dapat duduk dan menikmati pemandangan khusus di sini,” ungkapnya.

Masih kata Didik, ditempatkannya Ecodome di KRB selama setahun ke depan sebagai hadiah dari Pemerintah Belanda atas perayaan 200 tahun (2 abad) KRB.

 

(Putri Aysha)

Comments
Loading...