Heibogor.com
100% Berita Bogor

Cegah Bahaya Narkoba, Dharma Wanita dan BNN Gelar Seminar Penyuluhan

0 153

Heibogor.com – Dalam upaya menekan penyalahgunaan narkoba di masyarakat dan lingkungan keluarga, Pengurus Dharma Wanita Kabupaten Bogor bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) mengelar Seminar Narkoba “Peran Penting Ibu dalam Mewujudkan Keluarga Sehat, Hebat, dan Kuat Tanpa Narkoba” di Ruang Serbaguna 1, Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Kamis (12/10/17).

Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bogor, Tina Adang Suptandar mengatakan, aktivitas yang dilakukan oleh Pengurus Dharma Wanita Kabupaten Bogor dalam proses pembangunan masyarakat terus berkembang sehingga mendapatkan tempat di masyarakat.

“Kita harus memelihara dan mengembangkan berbagai program kerja kegiatan sehingga Dharma Wanita dirasakan keberadaannya oleh masyarakat,” katanya.

Tina juga menambahkan, bahwa seminar narkoba kali ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan sebagai orangtua terhadap bahaya zat adiktif.

“Peran ibu sangat penting dalam menjaga keluarga. Maka, saya minta kaum ibu untuk menjaga generasi penerus dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kabupaten Bogor, Nugraha Setia Budhi menjelaskan, ada empat faktor dominan anak menjadi pengguna narkotika. Yakni lingkungan rumah yang tidak nyaman, pola asuh yang kurang efektif, anak kurang kasih sayang orangtua, dan lingkungan pendidikan atau teman bermain yang salah. Oleh sebab itu, peran ibu adalah benteng keluarga dan lebih tahu tentang anak agar terjerumus menjadi pemakai.

“Maka dari itu BNNK Bogor memberikan sosialisasi secara khusus untuk memberikan edukasi terhadap bahaya narkoba, sehingga para orangtua tahu perilaku anak baik fisik, psikis, dan emosional,” bebernya.

Budi juga meminta kepada para orangtua untuk berkomunikasi secara efektif dengan anak serta memberikan waktu luang untuk mereka untuk anak agar tidak berkelompok.

“Sebaiknya orangtua juga tidak berdebat dengan anak. Berikan kesempatan mereka mengambil keputusan serta seorang anak punya privasi,” tandas Budhi.

Comments
Loading...