RPJMD 2014-2019 Fokus Wujudkan Kota Sehat

0 68

Heibogor.com – Pelaksanaan kota sehat di Kota Bogor menjadi bagian dari salah satu misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2019, yaitu menjadikan masyarakat Kota Bogor yang sehat dan makmur. Untuk mewujudkan kota sehat tersebut perlu didukung tidak hanya oleh lingkungan secara fisik, namun sosial juga budaya akan diupayakan Pemerintah Kota Bogor.

Seperti dijelaskan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Erna Ernawaty saat menerima Tim Verifikasi Nasional Kota Sehat Tahun 2017 di Paseban Sri Bima, Balaikota, Rabu (11/10/17), ini terutama sekali soal perubahan perilaku masyarakat melalui peran aktif mereka, pelaku usaha, pemerintah, baik itu pusat maupun provinsi serta, Pemerintah Daerah secara terarah, terkoordinasi, terpadu, dan berkesinambungan.

“Perlu diinformasikan juga sesuai arahan tim pembina kota/kabupaten sehat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bahwa perlunya penguatan kelembagaan Forum Kota Sehat (FKS). Maka, melalui Surat Keputusan Wali Kota Bogor Nomor 050.45/255 Tahun 2017 tentang Pembentukan Tim Pembina Kota Sehat dan Forum Kota Sehat, Alhamdulillah Ibu Yane Ardian Bima Arya telah bersedia dan telah dikukuhkan menjadi pengarah FKS Kota Bogor,” terang Erna.

Dengan keterlibatan pengarah FKS Kota Bogor, maka, kata Erna, diyakini akan mampu meningkatkan semangat dan kinerja Tim Pembina dan FKS menuju pencapaian indikator-indikator kota sehat yang lebih baik.

Penerimaan Tim Verifikasi Nasional Kota Sehat Tahun 2017 di Paseban Sri Bima, Balaikota, Rabu (11/10/17).

“Pada verifikasi kota sehat tahun ini (2017), Kota Bogor telah menyampaikan dokumen kota sehat kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari empat tatanan. Di mana pada tahun-tahun sebelumnya hanya dua tatanan,” ungkapnya.

Keempat tatanan itu, tutur Erna, yaitu kehidupan masyarakat sehat mandiri, yang kedua adalah kawasan permukiman dan sarana prasarana umum, sementara yang ketiga adalah kawasan pariwisata sehat, dan yang terakhir adalah kawasan sosial yang sehat.

Selain Wali Kota Bogor Bima Arya dan Kepala Bappeda Erna Ernawati, Kepala Dinas Kesehatan Rubaeah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Chusnul Rozaqi, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Shahlan Rasyidi turut menerima Tim Verifikasi Nasional Kota Sehat Tahun 2017 yang dipimpin Nugroho dari Kementerian Kesehatan.

 

(Putri Aysha)

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Comments

Loading...