Administrasi Jadi Kendala 10 Bus Bantuan Kemenhub Belum Beroperasi

0 156

Heibogor.com – Sebanyak 10 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih belum dapat beroperasi. Padahal, bus tersebut telah cukup lama terparkir di halaman Dinas Perhubungan (Dishub), Jalan Tajur, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor sejak beberapa bulan lalu.

Kabid Angkutan Dishub Kota Bogor, Jimmy Hutapea mengatakan, 10 bus tersebut belum beroperasi lantaran terkendala administrasi.

“10 bus ini diterima ketika APBD Kota Bogor sudah ditetapkan, sementara STNK bus itu sendiri dan kelengkapan lainnya masih belum ada,” ungkapnya, Jumat (11/08/17) saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia menerangkan, anggaran yang telah ditetapkan dalam APBD tidak memungkinkan mengurus administrasi 10 bus tersebut. Ditambah lagi, keuangan Dishub Kota Bogor juga tidak memungkinkan untuk mengalokasikan anggaran yang belum direncanakan satu tahun sebelumnya.

“Kita tidak ingin memaksakan anggaran lain agar bus ini dapat beroperasi. Kita hanya ingin mengawalinya dengan tertib administrasi,” akunya.

Bus bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Jimmy menambahkan, jika seluruh surat-surat administrasi telah dipenuhi, Dishub berencana menyerahkan pengelolaan 10 bus tersebut kepada Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT).

“Kami berharap nanti yang mengoperasikan PDJT. Kan, kita Perusahaan Daerah yang mengelola transportasi,” tuturnya.

Masih kata Jimmy, untuk rute kesepuluh bus tersebut nantinya akan melalui koridor 1 dengan jurusan Bubulak – Cudangiang.

“Lebih jelasnya koridor utama yang terdiri dari koridor 1, 2, dan 3. Kalau yang 1 memang existing telah dikelola PDJT. Jadi diperkuat di sana,” urainya.

Sementara itu, lanjut Jimmy, pengoperasian bus tersebut ditargetkan tahun 2018 mendatang.

“Pada bulan November, setelah APBD perubahan baru bisa mencairkan anggaran perubahan. Kami berharap tahun depan sudah bisa dioperasikan,” tandas Jimmy.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Comments

Loading...