Jurnalistik Unpak Perkuat Silaturahmi Lewat Bukber

0 452

Heibogor.com – Keluarga besar konsentrasi Jurnalistik Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menggelar acara buka puasa bersama di Cafe D Hook, Jalan Martadinata, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kamis (08/06/17) malam.

Ratusan mahasiswa konsentrasi Jurnalistik yang terdiri dari beberapa angkatan itu sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

Keluarga besar konsentrasi Jurnalistik FISIB Unpak menggelar acara buka puasa bersama di Cafe D Hook, Jalan Martadinata, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kamis (08/06/17) malam.

Tujuan utama digelarnya kegiatan tersebut ialah untuk menjalin tali silaturahmi antar mahasiswa konsentrasi Jurnalistik, baik yang baru maupun yang telah lulus. Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu cara bagi para mahasiswa untuk saling berbagi ilmu dan memperkenalkan diri kepada para alumni yang sudah bekerja di media.

Hal itu diungkapkan Koordinator Konsentrasi Jurnalistik Ilmu Komunikasi, FISIB Unpak Bogor Ratih Siti Aminah.

Ia menuturkan, kegiatan tersebut mampu memunculkan bakat-bakat baru yang tidak hanya di bidang Jurnalistik, karena ternyata mahasiswa yang tergabung dalam konsentrasi Jurnalistik setiap individunya memiliki bakat yang terpendam, seperti pada bidang seni, dakwah, dan sebagainya.

“Di sini bisa terlihat semua, teman yang biasanya diam ternyata memiliki sesuatu. Mungkin nanti, jika ada acara yang ruang lingkupnya tingkat uiversitas, teman-teman Jurnalistik setiap angkatan bergabung dan menampilkan sesuatu,” ujar Ratih. 

Keluarga besar konsentrasi Jurnalistik FISIB Unpak menggelar acara buka puasa bersama di Cafe D Hook, Jalan Martadinata, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kamis (08/06/17) malam.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, para mahasiswa Jurnalistik mudah diperhatikan karena jumlahnya tidak sebanyak dengan konsentrasi lain. Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri dalam artian seluruh mahasiswa Jurnalistik bisa lebih dekat satu sama lain.

“Ini merupakan sebuah kebahagiaan buat saya dan saya lihat teman-teman berdasarkan mata kuliah saya, mereka disiplin walau harus masih dipoles lagi. Ketika mengerjakan tugas, mereka selalu sungguh-sungguh meskipun lelah, karena mereka tidak hanya menerima tugas dari saya, tapi dari dosen-dosen lain juga,” jelasnya.

Ratih menambahkan, masih banyak yang belum mengetahui bahwa Jurnalistik merupakan cikal bakal dari konsentrasi-konsentrasi lain di bidang media, seperti film, televisi, dan sebagainya. Dari waktu ke waktu, perkembangan konsentrasi Jurnalistik di Unpak Bogor semakin baik. Hal itu terbukti dari para alumni yang tidak hanya bekerja di Kota Bogor namun juga di luar kota. Bahkan, salah satu alumni lulusan Jurnalistik Unpak ini pun ada yang bekerja di Istana.

Keluarga besar konsentrasi Jurnalistik FISIB Unpak menggelar acara buka puasa bersama di Cafe D Hook, Jalan Martadinata, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kamis (08/06/17) malam.

“Banyak juga mahasiswa yang sambil kuliah memiliki kreasi mulai dari foto, karena memang Jurnalistik bukan hanya membuat berita, tetapi foto Jurnalistik juga penting dan hal itu terkadang diabaikan. Banyak orang yang hanya sekadar foto, tapi belum bisa memahami foto Jurnalistik seperti apa. Di Jurnalistik ini semua ditertempa, karena bukan hanya materi yang diberikan, tapi kesadaran dari mahasiswanya juga. Itu sebabnya kita perlu mengadakan acara seperti ini dalam berbagi ilmu sehingga komunikasi antar angkatan dapat lebih harmonis,” terangnya.

Ia mengharapkan kualitas dari para lulusan konsentrasi Jurnalistik tersebut bisa diterima bekerja di mana pun, baik media cetak, daring (dalam jaringan), elekektronik, kantor berita dan sebagainya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di bidang lainnya, karena mereka kuliah tidak hanya datang, duduk, diam, lalu pulang. Tapi mereka selalu mencoba untuk mengeksplore kemampuan dalam diri yang terkadang hal positif antar mahasiswa pun ikut tertular.

“Harapan lain saya ialah, saat ini kita hidup di era kemajuan teknologi komunikasi. Tolong gunakan teknologi informasi secara bijak. Kita dari konsentrasi Jurnalistik jangan sampai mudah terprovokasi dengan info-info yang ada. Teman-teman yang sudah bekerja di media juga sama, jangan sampai langsung diposting, tapi klarifikasi dulu dan jika sudah paham tentang hal ini, maka teori dan pengalaman pun akan didapatkan. Ini juga seharusnya dimiliki seluruh teman-teman Jurnalistik yang sudah lulus atau belum. Bukan hanya sekadar motret atau menulis, tapi harus paham mengenai hukum serta etika sebagai seorang Jurnalis nantinya,” pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Comments

Loading...