Unpak Resmi Luluskan 565 Wisudawan

0 215

Heibogor.com – Unversitas Pakuan (Unpak) Bogor kembali mewisudakan ratusan mahasiswa di acara wisuda gelombang II yang diselenggarakan di International Port Corporation (IPC) Ciawi, Kecamatan Bogor Selatan, Kabupaten Bogor. Rabu (24/05/17) kemarin.

Sebanyak 565 wisudawan di antara berasal dari Program Pascasarjana S3: 5 orang, S2: 40 orang, Fakultas Hukum S1: 69 orang, Fakultas Ekonomi S1: 229 orang, Fakultas Ekonomi D3: 1 orang, FKIP S1: 62 orang, FISIB S1: 24 orang, Fakultas Teknik S1: 25 orang, Fakultas MIPA S1: 100 orang dan MIPA D3: 10 orang.

Dalam sambutannya, Rektor Unpak Bibin Rubini mengatakan, aspek individu, aspek sosial dan aspek kebangsaan merupakan beberapa hal yang harus dimiliki oleh manusia berkualitas. Menurutnya, sebagai makhluk individu, manusia memiliki potensi untuk berkarya. Ekspresi dari potensi manusia dimungkinkan terjadi melalui pendidikan.

“Manusia sebagai makhluk sosial memiliki kesetiakawanan, tanggung jawab, serta disiplin, dan keramahan sosial untuk menghadapi perubahan masyarakat yang cepat. Manusia dituntut untuk selalu belajar dan beradaptasi dengan perkembangan masyarakat yang pesat,” tuturnya.

Dirinya juga menjelaskan, pentingnya peran pendidikan untuk mempersiapkan manusia menjadi pembelajar seumur hidup yang mampu belajar secara mandiri dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Dalam aspek kebangsaan, kata dia, manusia memiliki rasa cinta terhadap tanah air, jiwa patriotik, dan berwawasan masa depan.

“Maka dari itu, Unpak Bogor konsisten melaksanakan tradisi Pendidikan dan Bela Negara setiap awal tahun untuk para mahasiswa barunya. Hal ini dilakukan agar menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan mencintai negaranya,” terang Bibin.

Bibin menambahkan, di bulan ini, seluruh lapisan masyarakat sama-sama memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangitan Nasional. Dalam hal tersebut, lanjutnya, peristiwa bersejarah merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Sejarah merupakan tonggak kebersamaan akan menjadikan kekuatan dan hal tersebut lah yang akan mendorong keberanian.

“Kita harus meninggalkan sikap dan prilaku yang mengepankan kepentingan pribadi atau golongan. Kita juga jangan terbelenggu pemikiran kerdil yang mengkesampingkan keunggulan komparatif serta mengabaikan keunggulan kompetitif. Kita harus berdiri di atas semua golongan, bersatu membangun negeri ini dengan kemampuan sendiri. Kita buktikan bahwa indonesia bisa mencapai cita-cita tersebut,” ungkapnya.

Masih kata Bibin, berbagai upaya telah dilakukan Unpak Bogor untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Ia meyakini, bahwa output pendidikan yang baik hanya lahir dari sebuah proses yang memiliki kualitas baik.

Melalui hal tersebut, sambungnya, Unpak Bogor terus menciptakan atsmosfer belajar yang kondusif, sehingga segala potensi yang dimiliki seluruh mahasiswa dapat berkembang dengan optimal.

“Akhirnya terbentuk insan-insan yang cendekia, yang bukan hanya memiliki kompetensi unggul tetapi berdampingan kepribadian yang baik dan adaptif terhadap perubahan. Unpak Bogor terus mengedepankan silih asah, silih asih, silih asuh untuk menghasilkan manusia-manusia yang bageur, cageur, bener, singer, pinter, jujur, jeung motekar,” pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Comments

Loading...