Jumlah Pengunjung Meningkat, Personel Park Ranger Perlu Ditambah

0 339

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana akan menambahkan jumlah pasukan Park Ranger melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim). Hal tersebut dilakukan karena melihat banyaknya masyarakat yang berkunjung ke taman kota dan melakukan perbuatan negatif.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Pertamanan Disperumkim Kota Bogor, Yadi Cahyadi. Menurutnya, jumlah petugas Park Ranger saat ini masih belum mumpuni untuk mengawasi setiap sudut taman yang berada di Kota Bogor.

“Di Taman Corat- Coret belum ada Park Ranger, Taman Pangrango juga tidak ada. Jadi personel Park Ranger memang kurang,” tuturnya kepada heibogor.com, Selasa (11/04/17).

Ia menjelaskan, pihaknya kerap kali menerima laporan terkait temuan sekelompok orang yang melakukan perbuatan negatif di sejumlah taman.

“Banyak yang nongkrong sampai malam, bahkan ada yang sampai berkelahi, mabuk, dan sebagainya,” terangnya.

Masih kata Yadi, saat ini Park Ranger dalam menjalankan tugasnya acap kali dibantu pihak Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pihak lainnya.

“Kami kerja sama dengan Polsek, Dandenpom, Satpol PP, hingga Kodim. Park Ranger hanya bertugas menjaga dan mengawasi. Namun, untuk penindakan, Park Ranger tidak punya wewenang,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya berencana akan menambah jumlah personel Park Ranger sebanyak 100 orang. Namun, jumlah itu pun belum dapat dipastikan. Sebab, penambahan personel Park Ranger tergantung pada jumlah anggaran yang akan diberikan oleh Pemkot Bogor.

“Maunya 100 sekaligus. Sekitar bulan November kita liat saja nanti, akan dimulai perekrutan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan