Pemkot Bidik 2 Kategori Lewat Satgas Adipura

0 714

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Jelang peraihan Adipura 2017, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar rapat pembentukan Satuan Petugas (Satgas) pengawal Adipura di Paseban Punta, Plaza Balaikota, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Rabu (18/01/17).

Satgas yang terbentuk akan difungsikan sebagai alat untuk mengarahkan serta memberikan sinergi kepada aparatur wilayah, masyarakat, dan perusahaan untuk mensukseskan peraihan Adipura.

Ada dua kategori yang menjadi target utama Pemkot Bogor, antara lain pengelolaan sampah serta kebersihan. Ada pun bidikan target lain untuk Adipura, yakni kategori taman. Kota Bogor dinilai memiliki peluang jauh lebih besar memperoleh Adipura untuk kategori tersebut.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menjelaskan, niat atas raihan Adipura ini dimanifestasikan dalam pembentukan Satgas Adipura yang akan mengawal kesuksesan Kota Bogor dalam meraih Adipura. Hal ini tidak dapat terwujud jika tidak adanya peran masyarakat.

“Satgas yang terbentuk berfungsi mendorong akselerasi OPD untuk melakukan monitoring dan evaluasi, juga melakukan stimulasi untuk partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Menurut penilaian, untuk meraih Adipura dari segi aspek sampah dan aspek hijau, tambah Bima, aspek hijau dimaksimalkan dengan membidik kategori taman terbaik. Pemkot Bogor sangat optimis atas aspek hijau yang ada di Kota Bogor dalam mencapai Adipura. Ia mengimbau kepada masyarakat agar keindahan serta kenyamanan taman tidak hanya dikelola oleh dinas terkait.

Sedangkan untuk aspek sampah, lanjutnya, ini yang perlu dibenahi karena dibutuhkan kerja keras dalam mengatasi sampah. Mulai dari pengangkutan dan pengelolaan sampah rumah tangga harus diperbaiki.

“TPA nanti dari Dinas Lingkungan akan menjadi leading sektor, tetapi untuk pengelolaan sampah ini membutuhkan peran semua,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan