Mendengkur Tingkatkan Potensi Stroke dan Jantung

0 528

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.comObstructive Sleep Apnea (OSA) atau mendengkur adalah gangguan pernapasan yang sangat mengancam kesehatan seseorang. Walau masalah ini sering dianggap sepele, kenyataannya bisa memicu banyak penyakit kronis.

Mendengkur ternyata bukan kebiasaan yang remeh dan bisa diabaikan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang memiliki kebiasaan mendengkur lebih berisiko terkenastroke fatal dibandingkan dengan orang yang tak mendengkur saat tidur.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengalami lebih dari 25.000 orang. Mereka menemukan bahwa orang yang mendengkur lebih berkemungkinan mengalami pembekuan darah dan penyumbatan pembuluh darah yang bisa berujung pada stroke.

Tak hanya itu, mereka juga lebih berisiko terkena penyakit jantung. Gangguan ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, dampak paling parah bisa mengarah pada kematian.

Seperti dilansir oleh DailyMail.co.uk, bahwa bahaya dari mendengkur ternyata lebih tinggi daripada yang diketahui oleh peneliti sebelumnya. Para ahli menjelaskan bahwa pendengkur berlebih berkemungkinan terkena stroke dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tak mendengkur.

Meski begitu, tampaknya hal ini tak berlaku pada orang yang hanya sesekali mendengkur atau pendengkur tipe ringan. Peneliti berpendapat bahwa hal ini berkaitan dengan aliran darah pada jantung dan otak dipengaruhi oleh napas yang terganggu ketika seseorang mendengkur.

Peneliti menyarankan agar semua orang tak meremehkan kebiasaan mendengkur atau apneatidur. Jika memiliki beberapa kelainan tersebut, sebaiknya periksakan ke dokter, karena hal tersebut juga bisa memengaruhi kesehatan jantung Anda.

Tinggalkan Balasan