Petugas Damkar Keluhkan Banyak Hidran Rusak

0 523

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Selain masih terbatasnya jumlah armada pemadam kebakaran (damkar) dan personilnya, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Damkar Kota Bogor pun mengeluhkan banyaknya hidran yang tidak berfungsi maksimal dan bahkan rusak.

Kepala UPTD Damkar Kota Bogor Suyitno kepada heibogor.com, rusaknya jumlah hidran ini mencapai ratusan yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bogor.

”Jumlah hidran yang rusak ini banyak, jumlahnya mencapai sekitar dua ratusan yang menyebar di semua wilayah,” ujarnya, Jumat (26/09/14).

Mengenai hal ini, kata Suyitno, pihaknya terus mencoba menginventarisir dan melakukan sejumlah upaya perbaikan. Meski diakuinya, keberadaan hydrant ini tak hanya milik damkar semata. Tapi ada pula milik pihak swasta dan PDAM.

”Akibatnya saat terjadi bencana kebakaran, kami kesulitan mencari sumber air. Karena kerap menemukan hidran yang tidak berfungsi atau rusak,” ungkapnya.

Meski begitu, damkar secara rutin melakukan pemeriksaan setidaknya setiap minimal setahun sekali. Pemeriksaan itu tak hanya hidran namun juga alat pemadam api ringan (APAR) dan pompa.

Suyitno juga menambahkan, sebagai upaya dini bencana kebakaran yang fatal, pihaknya setiap tahun mempunyai program penambahan minimal tujuh titik hydrant terutama di kawasan-kawasan pemukiman padat penduduk.

Tinggalkan Balasan